FIKES UPNVJ - Depok, 11 Juli 2025 – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) menyelenggarakan kegiatan tindak lanjut dari proses akreditasi internasional Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) dan review kurikulum yang dilangsungkan di Ruang Rapat FIKES. Kegiatan dihadiri oleh Dekan FIKES UPNVJ, Desmawati, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat., PhD; Wakil Dekan Bidang Akademik, Rita Ismail, S.Kp, M.K.M, MTD (HE), Ph.D; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Agustiyawan, S.ST.FT., M.Fis., Ftr. AIFO; Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, Dr. Chandrayani Simanjorang, S.K.M, M.Epid beserta Ketua Tim Pengembangan, Agung Raharjo, SKM, MKK; Koordinator Program Studi Gizi Program Sarjana, Utami Wahjuningsih, S.Gz, M.Si, dan Ketua Tim Pengembangan Muh. Nur Hasan Syah, S.Gz., serta Dosen/Sekretaris Jurusan, Dr. Nur Intania Sofianita, MKM.
Kegiatan dibuka oleh Dekan FIKES UPNVJ dilanjutkan dengan tindak lanjut akreditasi ASIIN dan review kurikulum prodi S1 Kesehatan Masyarakat dan S1 Gizi yang dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FIKES UPNVJ. Narasumber utama kegiatan ini adalah, Prof. Joachim Voss, PhD, RN, ACRN, FAAN, seorang akademisi internasional yang dikenal luas atas kontribusinya dalam pengembangan kurikulum berbasis global dan interprofesional. Prof. Joachim Voss merupakan Associate Dean for Academic Programs University of Nebrasca Medical Center, USA dan sedang melaksanakan kegiatan Visiting Specialist Fulbight tahun 2025 di UPNVJ. Di sesi paparan, Prof. Voss memberikan berbagai perspektif kritis dan masukan strategis terkait penyempurnaan kurikulum yang tidak hanya memenuhi standar nasional, tetapi juga mampu menjawab tantangan pendidikan kesehatan di tingkat internasional.
Diskusi berlangsung dinamis, mencakup isu-isu strategis seperti penyelarasan antara struktur kurikulum dan kebutuhan mahasiswa internasional, relevansi muatan pembelajaran dengan praktik global, serta integrasi pembelajaran kolaboratif antar-disiplin. Prof. Voss juga menyoroti pentingnya transparansi informasi publik, efisiensi beban kerja dosen, dan keberlanjutan sistem evaluasi berbasis umpan balik mahasiswa sebagai elemen penting dalam pengembangan kualitas pendidikan tinggi.
Dalam kesempatan ini, Prof. Voss turut mengapresiasi langkah-langkah progresif yang telah dilakukan oleh FIKES UPNVJ, termasuk peningkatan tampilan dan fungsi situs web resmi fakultas. Ia juga mendorong penguatan kerja sama lintas bidang studi sebagai upaya membentuk lulusan yang adaptif, reflektif, dan siap bersaing di kancah global.
Dekan FIKES UPNVJ, Dr. Desmawati, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat., PhD, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen institusional dalam menjaga kualitas pendidikan dan memperkuat posisi UPNVJ sebagai perguruan tinggi unggul yang berdaya saing internasional. “Kami optimis, hasil dari review ini akan memperkuat arah strategis pengembangan kurikulum kami ke depan dan menjadikan lulusan kami lebih siap menjawab tantangan zaman,” ujar beliau.
Kegiatan Curriculum Review ini menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa program pendidikan kesehatan di UPNVJ terus relevan, responsif, dan berorientasi pada kebutuhan nyata masyarakat baik di tingkat nasional maupun global.