• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Jurusan Keperawatan, FIKES UPNVJ Gelar Rapat Tinjauan Kurikulum Bersama Prof. Joachim Voss untuk Tingkatkan Daya Saing Global Pendidikan Keperawatan

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 08 Juli 2025
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 111

FIKES UPNVJ - Depok, 7 Juli 2025 – Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (FIKES UPNVJ) menyelenggarakan Rapat Tinjauan Kurikulum untuk Program Studi Keperawatan Program Sarjana, Diploma Tiga, dan Profesi Ners pada Senin, 7 Juli 2025 di Ruang Rapat FIKES. Rapat ini menghadirkan narasumber internasional, Prof. Joachim Voss, Ph.D., RN., ACRN., F.A.A.N., seorang pakar keperawatan yang berasal dari University of Nebraska Meical Center College of Nursing, USA.

WhatsApp_Image_2025-07-08_at_11.14.25_(2).jpeg

Acara ini dipimpin oleh unsur pimpinan dekanat dan dihadiri oleh 14 Orang meliputi Narasumber, Dekan dan Wakil Dekan I FIKES UPN “Veteran” Jakarta, Pengelola Jurusan dan Program Studi Keperawatan, Ketua Tim Pengembangan Program Studi dan Perwakilan Dosen Keperawatan. Agenda utama rapat mencakup evaluasi kurikulum saat ini serta strategi penyusunan kurikulum berbasis global untuk meningkatkan kesiapan lulusan dalam menghadapi tantangan praktik keperawatan internasional.

WhatsApp_Image_2025-07-08_at_11.59.42.jpeg

Dalam paparannya, Prof. Voss menekankan pentingnya kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) dengan standar global sebagai landasan utama transfer kredit dan pengakuan internasional. Ia juga menyoroti bahwa gelar Bachelor of Science in Nursing (BSN) telah menjadi standar minimum bagi perawat yang ingin berkarier secara internasional, menggantikan dominasi pendidikan diploma yang bervariasi antar negara.

WhatsApp_Image_2025-07-08_at_11.14.25_(1).jpeg

Lebih lanjut, diskusi berkembang pada strategi pengembangan program kolaborasi internasional, pentingnya penetapan tujuan yang jelas dalam setiap program, serta perlunya desain pembelajaran yang mempertimbangkan kemampuan awal mahasiswa dan tujuan akhir mereka, baik untuk studi lanjut maupun bekerja di luar negeri. Salah satu strategi yang dibahas adalah penguatan bahasa Inggris dan kurikulum dengan pendekatan berbasis praktik klinik yang sesuai dengan sistem pendidikan tinggi Amerika Serikat.

Rapat juga membahas perlunya dokumentasi yang terstandar, baik dalam bentuk silabus, sistem penilaian klinik, maupun dokumen pendukung seperti diploma supplement. Semua proses pembelajaran diharapkan terdokumentasi dengan rapi untuk mendukung kesiapan akreditasi internasional dan penilaian mutu institusi.

Melalui kegiatan ini, Jurusan Keperawatan, FIKES UPNVJ menunjukkan komitmennya dalam melakukan pembaruan kurikulum secara berkala dan berbasis evidence, untuk mendukung kesiapan global lulusan keperawatan yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga mampu bersaing di tingkat internasional [RD].

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f